Leave a comment

Muslimah, antara karir dan fitrah (Press Release MUTIA-Jum’at, 28/02/14)


image

Bismillahirrohmanirrohim..
Assalamu’alaykum, sahabat MUTIA FMIPA dan FIK ( Ini dia sedikit ulasan materi MUTIA (Menuntut ilmU di jum’aT sIAng) edisi “Muslimah, Antara Karir dan Fitrah” penasaran kan?? Langsung saja baca.. Check it Out (
Siang itu, hari terakhir di bulan Februari, yap, 28 Februari 2014. Seperti biasaaa, tiap Jum’at siang ada agenda MUTIA di Saung kecintaan anak MIPA, yap Saung Ungu..
Pembicara MUTIA hari itu adalah Ibu Ellita, dosen FE UNJ yang telah meraih gelar masternya di UGM, pun merupakan seorang ibu dari anak-anaknya, dan seorang istri dari suaminya. Bagi beliau, menuntut ilmu itu tidak terbatas dimanapun, kapanpun, dan setinggi apapun. Menuntut ilmu bukanlah untuk mendapatkan gelar tertentu, tetapi menurut beliau menuntut ilmu setinggi-tingginya adalah untuk menghargai diri sendiri serta bekal untuk mendidik anak-anaknya kelak.
“Belajar itu tidak untuk mengejar gelar, tetapi adalah untuk menghagai diri kita sendiri dengan terus menginput ilmu yang banyak”
Kita dapat berkaca pada para shahabiyah seperti Aisyah, Khadijah, Fatimah, Asiah, dll. Mereka tidak hanya mengerti urusan rumah seperti membuat gandum, tetapi juga urusan diluar rumah yaitu mengerti kondisi peperangan zaman itu.
Pengalaman Ibu Ellita ketika mendapatkan beasiswa untuk studi di jerman adalah bahwa disana banyak wanita yang tidak menikah, mereka menganggap bahwa menikah dan mempunyai anak adalah suatu hal yang merepotkan. Mereka hanya mengejar karir dan dengan gagah perkasanya hidup sendiri. Namun, begitu miris ketika hari tua mereka baru menyadari bahwa mereka tidak mempunyai keluarga. Hingga banyak lembaga yang menawarkan penyewaan keluarga, yap itulah faktanya, menyewa sebuah keluarga dengan harga tertentu dan waktu tertentu, hanya untuk membuat mereka terhibur dan tidak kesepian saat hari tua.
Ketika seorang perempuan hanya memikirkan karir maka sebenarnya ada dua kerugian; yang pertama adalah mereka terjebak pada mainstream dan kedua adalah melangar fitrah sebagai wanita.
Seorang Perempuan memiliki dua peranan yang tidak dapat ditinggalkan yaitu dalam (domestik) dan luar. Dan merupakan tantangan bagi kita untuk menyeimbangkan antara keduanya. Makanya, ketika kita masih single, masih kuliah, belajarlah untuk menyeimbangkan waktu untuk menjadi orang yang tawazun antara kuliah, organisasi dan agenda-agenda lain yang kita dikerjakan.
Berkarir itu boleh bagi perempuan, tetapi harus tetap memperhatikan rambu-rambu syar’i nya; menutup aurat, menjaga pandangan, menghindari desak-desakan, menghindari khalwat, berjabat tangan dengan non muhrim, dll. Bekerja itu harus disertai niat yang lurus, Ibu Ellita menyarankan jika seorang muslimah telah berkeluarga maka hindari bekerja yang nine to five artinya bekerja dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Karena kita tidak akan punya waktu untuk keluarga. Pilihlah pekerjaan yang lebih sesuai dengan fitrah kita sebagai wanita. Buat visi hidup yang jelas, buat self assessment, opportunity assesment hinga jelas tujuan hidup kita.
Carilah karir yang mendukung kebaikan bagi banyak orang dan diri sendiri. Bekerja tidak untuk mencari uang, tetapi niatkan untuk berbuat kebaikan lebih banyak bagi banyak orang.
Mulailah dari hal-hal kecil yang sederhana, banyak-banyaklah belajar untuk mengasah keterampilan dan kreativitas, karena seorang muslimah haruslah memiliki keterampilan, misalnya keterampilan memasak, menata rumah, dll.
So, sudah tahu kan bahwa seorang muslimah seyogyanya memiliki keseimbangan antara karir dan fitrah?? Yap, berkarir itu boleh untuk muslimah, tentunya dengan tetap memperhatikan rambu-rambu syar’inya (
Semangat memperkaya diri, muslimah (
Nantikan MUTIA edisi berikutnya (

Oleh : Galuh Ayu Rengganis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: