Leave a comment

TANGAN


Tangan adalah bagian tubuh yang posisinya berada di ujung lengan. Normalnya manusia memiliki dua tangan dengan lima jari tangan. Tangan memiliki sisi sekaligus sebutan lain. telapak tangan adalah bagian dalam tangan. jika jari-jari ditekuk erat, tangan secara otomatis akan berubah menjadi kepalan. kepalan tangan punya banyak manfaat bagi seseorang. Manusia bukan satu-satunya yg memiliki tangan. sejumlah hewan pun memiliki tangan, kelompok primata adalah salah satunya.

Entah sejak kapan. Tangan pun sering dikaitkan kepada hal yang negatif. bencana banjir, kebakaran hutan, kecelakaan udara, tenggelamnya kapal laut dan lainnya, sering dihubung-hubungkan karena ulah tangan manusia. Singkat kata, tangan manusialah yang diyakini berada di balik banyak musibah yang terjadi. Benarkah?

Yang pasti, tangan adalah ciptaan-Nya. Dan tidak ada ciptaan Allah yang sia-sia. Dia menciptakan manusia dua tangan  dengan 10 buah jari. Keduanya memiliki fungsi masing-masing. dengan dua tangan, seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas, makan, minum, mengangkat beban dan lainnya.

sebaliknya, tak terbayangkan apa jadinya manusia tanpa tangan. Atau kalaulah ia memiliki dua tangan, namuan jari-jarinya tidak ada. Hal tersebut akan membatasinya dalam menjalani aktivitasnya. Untuk itu, seseorang memerlukan alat bantu agar dapat menjalani berbagai aktivitasnya. karena itulah, sudah sepantasnya kita berterima kasih pada Allah. Karena sifat rahman dan rahim-Nya, hidup manusia menjadi mudah. Dengan tangan, manusia dapat menjalani dan menyelesaikan banyak aktivitas.

Sayangnya, ada beberapa orang yang kurang pandai bersyukur. Bahkan banyak dari mereka yang kufur nikmat. Tangan yang Allah anugerahkan, malah dipergunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Tidak jarang pula, tangan disalahgunakan untuk kemunkaran. Tangan yang seharusnya digunakan untuk membantu kerja manusia, malah digunakan untuk mencuri, korupsi, menjahili orang lain dan keburukan lainnya. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika terjadinya bencana karena ulah manusia sendiri.

Hanya ada satu untuk meraih kasih sayang-Nya. Bekali diri dengan ketaqwaan kepada-Nya. Jalani semua perintah-Nya dan jauhilah segala larangan-Nya. Ia akan menjadi benteng yang kokoh dari segala kesesatan diri. Semoga dengan bekal itu, Insya Allah kita mendapatkan jalan yang lurus dan surga-Nya.

Sebagaimana firman-Nya, “Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa dan bertaqwalah kepada-Ku”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: