Leave a comment

Renungan Hidup


Assalamu’alaikum, apa kabar akhi/ukhti? Semoga dalam kondisi yang sehat jasmani dan ruhiyah. ^_^ Kali ini kami akan berbagi sebuah cerita. Berikut ceritanya:

Pada suatu hari Ibrahim bin Adham mencoba memasuki sebuah tempat mandi umum. Si penjaga menghentikannya dan meminta ongkos masuk. Ibrahim tertegun dan mengaku tidak punya uang. 

Si penjaga menjawab, “Kalau tidak punya uang, kau tidak boleh masuk.” Ibrahim memekik dan tersungkur ke tanah sambil terisak sedih. Seorang pejalan kaki berhenti untuk menghiburnya. Seseorang menawarinya uang agar bisa masuk ke dalam temapt mandi itu.

Ibrahim bin Adham berkata, “Aku menangis bukan karena ditolak masuk. Ketika penjaga itu masuk, aku teringat sesuatu lalu membuatku menangis. Jika aku tidak diperbolehkan masuk ke tempat mandi umum di dunia ini kecuali jika aku membayar ongkos, apa ada harapan bagiku untuk diperbolehkan masuk Surga? Apa jadinya aku bila mereka menuntut , ‘Amal baik apa yang kau bawa? Apa yang sudah kau perbuat hingga kau diperbolehkan masuk Surga?‘ Persis seperti aku ditolak masuk ke tempat mandi ini karena aku tidak bisa membayar, sudah pasti aku ditolak masuk surga karena tidak punya amal baik. Itulah sebabnya aku menangis dan meratap.”

Semua yang mendengarkan pun merenungkan hidup dan amalan mereka sendiri, dan mereka mulai menangis bersama Ibrahim bin Adham.

(dikutip dari buku ‘Love is The Wine’ karya Syeikh muzaffer Ozak dalam salah satu buku karya Zabrina A.

Astaghfirullah! Betapa benarnya kata-kata yang dituturkan itu. Dari cerita diatas, mari kita bercermin dan renungkan kembali amalan hidup kita selama ini. Mungkin tanpa sadar sudah begitu sering hari-hari, tahun-tahun yang kita lalui diisi dengan amalan-amalan yang kurang baik. Kita sebagai manusia tentu menyadari, diri ini tidak luput dari kesalahan. Diri ini hanya-lah makhluk lemah tanpa bantuan dan pertolongan dari Allah SWT. Mulai detik ini, marilah kita merubah diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik di mata Allah. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang beriman dan termasuk calon penghuni Surga. Aamiin.

Leave a Reply

