Leave a comment

Saatnya Istirahat


Gambar

Setelah sekian banyak melakukan aktivitas di siang hari, sekarang saatnya istirahat 😀

Merebahkan diri sejenak agar siap mengawali kembali hari esok, tidur : )

Berapa lama idealnya ?

Penelitian yang dilakukan oleh Institusi Amerika Cancer Society memberikan hasil bahwa orang dengan kebiasaan tidur lebih dari 8 jam sehari cenderung memiliki resiko untuk meninggal lebih cepat. Mengapa tidak baik tidur lebih dari 8 jam dalam sehari. Jim Horne, Ph.D menyatakan bahwa kebanyakan tidur sama halnya dengan kebanyakan makan, lebih dari yang diperlukan tubuh. Tidur 7 jam dalam sehari merupakan waktu yang sangat cukup, termasuk didalamnya (7 jam tersebut) waktu untuk tidur siang. Tidur terlalu lama tidak dapat menjamin bahwa kita akan bangun dalam keadaan segar bugar, tidur terlalu lama hanya akan membuat waktu kita tidak produktif, yuk coba kita hitung waktu kita yang terbuang sia-sia.

Misalkan waktu yang terbuang 6 jam/hari maka dalam setahun waktu yang terbuang adalah 6×365=2190 jam. Apabila kita mentaksir “jatah hidup” kita di bumi ini sekitar 60 tahun. Maka dalam usia 60 tahun tersebut kita telah membuang waktu selama 131400 jam, bila dikonversikan kedalam tahun hasilnya sekitar 15 tahun. Jadi dari 60 tahun hidup kita di bumi, kita telah membuang waktu 15 tahun dari umur kita untuk hal yang sia-sia.

Apa yang harus kita lakukan sebelum tidur ?

Pertama, dimulai dari introspeksi diri/muhasabah. Hasan Al-Bashri berkata, “ Seorang mukmin itu pemimpin bagi dirinya sendiri, ia mengintrospeksi dirinya sendiri karena Allah. Sesungguhnya perhitungan pada hari kiamat nanti akan menjadi ringan, bagi mereka yang telah melakukan introspeksi diri didunia. Sebaliknya, hisab akan terasa berat bagi mereka yang tidak pernah introspeksi diri.

Kedua, jangan mengakhiri malam terlalu larut. Mengapa ?

Kita awali dengan membahas sebuah hormone, hormone melatonin yang diproduksi oleh kelenjar diotak. Hormone ini mulai dihasilkan ketika matahari terbenam dan mencapai puncaknya antara pukul 02.00-03.00

Manfaat hormone ini yaitu sebagai system imunitas tubuh, hingga pemegang jam biologis dan sebagai antioksidan yang sifatnya berbeda dengan antioksidan lain. Antioksidan lain befungsi dengan system reduksi oksidasi, yang memungkinkannya kembali kebentuk semula setelah bekerja, sedangkan melatonin tidak, sekali teroksidasi tidak dapat tereduksi, sehingga dikenal sebagai antioksidan terminal, melatonin bisa dinyatakan sebagai antioksidan terkuat, percobaan pada binatang menunjukan bahwa efek antioksidannya mampu menangkal kerusakan DNA. Keberadaan melatonin ini mampu memacu produksi zat-zat kekebalan tubuh seperti leukosit dan limfosit.

Ketika terus terpapar cahaya, maka produksi dan efek medisnya tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, tidur dalam keadaan lampu menyala kurang baik untuk tubuh. Rasulullah SAW bersabda “Janganlah kamu tinggalkan api didalam rumahmu ketika kamu tidur” (HR Bukhari dan Muslim). Mematikan api agar tidak terjadi kebakaran sedangkan dizaman kita mematikan lampu sebagai upaya penghematan energi. Setelah saatnya bangun, bergegaslah mengawali hari kembali.

Disadur dari buku super health gaya hidup sehat Rasulullah hal 166

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: