Leave a comment

Awali dengan Ucapan ‘Salam’


Gambar

Allah Ta’ala telah berfirman,

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.” (an-Nûr: 27)

Dan dalam surat an-Nisâ’, Allah Azza wa jalla juga menegaskan,

“Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa).” (an-Nisâ’: 86)

Pintu hati adalah salam. Islam adalah agama salam (damai), karena Islam sendiri diangkat dari kata As-Salâm. Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah r.a. disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda,

“Tidaklah kalian masuk surga hingga kalian beriman. Dan kalian beriman hingga saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang jika kalian kerjakan niscaya kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Salam yang dimaksud disini adalah mengucapkan Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bukan ucapan salam lainnya.

Gambar

Selain itu,  tatkala Anda mengucapkan “Assalamu’alaikum” berarti Anda telah mendapatkan sepuluh kebaikan. Apabila Anda menambahkan salam tersebut dengan ungkapan “warahmatullah”, Anda mendapatkan dua puluh kebaikan. Dan dengan menambahkan ucapan “wabarakatuh”, berarti Anda mendapatkan tiga puluh kebaikan. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi. Subhanallah ..

Salam berperan sebagai gerbang utama dalam seni berinteraksi manusia. Dengan memberi salam, pintu hati orang insya Allah akan terbuka untuk Anda. Oleh karena itu, mari kita tebarkan salam

sumber: ‘Menjadi Orang yang Dicintai’ karya Ahmad M. F.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: