Leave a comment

CINTA


(Oleh : U.U.F)Gambar

Banyak orang mendefinisikan cinta. Menurut penulis, cinta adalah perasaaan kasih dan sayang yang timbul tulus dari dalam hati, menebarkan energi positif ke seluruh jaringan bahkan sel dalam tubuh. Cinta bisa timbul dari perasaan nyaman seseorang terhadap sesuatu, seseorang terhadap seseorang atau bahkan seorang hamba terhadap Sang Penciptanya.

Cinta memiliki banyak arti, mulai dari hobi, semangat, tergantung, peduli, dan lain sebagainya. Cinta menulis artinya hobi menulis, cinta ilmu dapat dimaknai sebagai semangat menuntut ilmu, cinta kepada orang tua artinya memberikan yang terbaik untuk orang tua. Sedangkan cinta handphone bisa diartikan ketergantungan dengan handphone.

Dengan cinta kita rela berkorban, dengan cinta kita melakukan sesuatu tanpa pamrih (ikhlas), dengan cinta kita menolong seseorang, dengan cinta kita dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya dirasa tidak mungkin menjadi mungkin, dengan cinta kita bahagia, namun dengan cinta pula kita bisa ketergantungan. Ketergantungan dapat diartikan menjadi dua, ketergantungan pada Allah SWT dan ketergantungan kepada benda. Sebagai seorang hamba yang lemah dan banyak sekali bantuan yang tanpa diminta datang dariNya, seharusnya menjadikan kita semakin bergantung hanya padaNya, serta menjadikan kita semakin sayang dan cinta kepada Allah ta’ala. Nah, salah satu wujud dari cinta kita kepada Allah yaitu dengan menyertakan nama Allah disetiap aktivitas kita dan siap untuk menolong agamaNya, yaitu islam.

Sebenarnya kita tidak dapat dipisahkan dengan cinta. Banyak hal-hal yang sadar atau tanpa disadari telah dilakukan dengan cinta. Hidup tanpa rasa cinta akan menjadikan sesuatu yang dilakukan terasa sia-sia. Seseorang yang merasa tidak dicintai akan merasa bahwa hidupnya tidak berguna. Karena keberadaannya tidak menimbulkan pengaruh terhadap lingkungan sekitar.

Oleh Karena itu, seberat apapun hidupmu, warnailah dengan cinta. Lakukanlah dengan perasaan senang dan tidak dijadikan beban. Tapi ingat, cinta juga punya efek samping. Cinta yang baik adalah cinta yang akan membawa kita kepada ketaatan terhadap Allah ta’ala, sedangkan cinta yang buruk adalah cinta yang tidak menimbulkan ketaatan kepada Allah ta’ala. Jadi, jangan salah dalam memaknai cinta, jangan berlebihan pula menanggapi cinta, karena cinta yang salah persepsi akan membuat pelakunya terjerumus ke dalam jurang kesalahan, karena cinta yang hakiki dan tertinggi hanyalah cinta pada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: