Leave a comment

Budaya Ilmiah, BudayaKu, BudayaMu, Budaya Kita Semua


Oleh : Ronny Setiawan (Ketua 2 MUA 2013)

blank-paper“Menulis itu sulit”. Itulah ucapan yang sering didengar ketika sebagian orang melaksanakan kegiatan mengukirkan pena di atas kertas putih. Sulit ketika belum menemukan ide apa yang akan di tulis. Sebagai insan akademis, mahasiswa tentu tidak bisa dilepaskan dari lingkungan ilmiah yang berada dalam ruang lingkup dunia keilmuan. Mahasiswa pun dituntut untuk bisa akrab dengan dunia literasi, baik membaca, berdiskusi, maupun menulis. Aktivitas literasi tersebut akan semakin memperkaya wawasan mahasiswa dan menajamkan analisis berpikir sehingga dapat melatih berpikir kritis. Lebih dari itu, ketiga aktivitas literasi tersebut akan semakin mengokohkan posisi mahasiswa sebagai insan akademis. Hal tersebut tersambung dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan pendidikan, melakukan penelitian dan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.

Menulis memang bukan perkara mudah, tapi juga bukan perkara sulit. Tetapi kemampuan menulis merupakan kewajiban setiap mahasiswa sebagai seorang terpelajar. Tradisi menulis mahasiswa bukan hanya sekedar pada lingkup penulisan makalah, tugas ataupun laporan tapi juga pada lingkup penyampaian gagasan sebagai upaya pendokumentasian sejarah pribadi. Karena penyampaian gagasan dapat dituangkan dengan sarana menulis yang berdampak kreatif dan inovatif selain itu ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang kedua yaitu Penelitian dan Pengembangan.

Untuk itu, hari ini kita sebagai mahasiswa khususnya mahasiswa MIPA harusnya lebih membudayakan hal ini karena MIPA identik dengan budaya ilmiahnya. Saat ini kita harus lebih memfungsikan kembali fasilitas/sarana yang ada di kampus kita untuk arena-arena diskusi, membaca, dan menulis. Jangan sampai hari ini arena-arena tersebut malah disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan kampus, seperti main games, main kartu ataupun hal-hal lainnya yang kurang dirasakan manfaatnya untuk kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: