1 Comment

Qurban untuk Mereka



Gambar

 

Setiap hal pasti mengandung hikmah, apalagi suatu syariat pasti ada hikmah yang besar terkandung di dalamnya. Bulan ini ada sebuah sebuah momentum yang dapat di ambil hikmahnya, bahkan terlalu banyak hikmah yang bisa kita ambil. Apakah momentum itu?. Ya, Idul Adha. Memang banyak orang memberikan nama dari momentum ini, ada Idul Qurban, Lebaran Haji, Lebaran yatim dsb. Kesemuanya ini mengambil pada satu sumber yaitu kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS. Kita bisa banyak mengambil hikmah mulai dari potret keluarga ideal hingga haji membentuk persatuan umat islam sedunia. Pada hari itu hewan disembelih untuk di qurbankan, ”Tidaklah darah dan daging hewan kurban itu sampai kepada Allah, tetapi ketakwaanmu yang sampai kepada-Nya” (QS. 22:37)

Di suatu perumahan terkumpul 50 ekor kambing dan 2 ekor sapi, subhanallah banyak sekali orang yang ingin berkurban (semoga Allah memberikan pahala yang setimpal untuk mereka). Tergelitik hati ketika membayangkan “jika semua itu di uangkan, berapa banyak fakir miskin yang bisa dibantu untuk memulai usaha ataupun beasiswa untuk anak-anak kurang mampu?”. Jika hanya berbentuk daging, mungkin akan habis dalam satu hari. Tetapi kita harus yakin “bahwa setiap syariat pasti ada kebaikan yang terkandung di dalamnya”, benar saja,subhanallah yuk kita amati perputaran ekonomi bulan ini sangat luar biasa dikarenakan jual beli hewan qurban. Berapa banyak warga yang mendapat pekerjaan di lahan bisnis  ini, mulai dari penjaga ternak, pemberi makan ternak, hingga makelar hewan qurban. Apalagi bisnis ini tidak mendadak ada, butuh proses terus menerus untuk penggemukan hewan qurban. Lahan ini juga memberikan penghasilan kepada masyarakat pada umumnya dan khususnya kaum dhuafa. Bayangkan bila semua memilih berkurban dalam bentuk bukan hewan qurban pasti berkuranglah mereka yang mendapatkan rizki dari sini.

Memang pada hari  itu semua umat islam berbahagia, tetapi juga harus diiringi dengan perenungan hikmah dari kisah nabi Ibrahim tentang qurban. “Ya Allah kuatkan azzam kami untuk berqurban dan semoga Engkau izinkan kami pergi ke baitullah untuk haji…”

 

Learning Center

Masjid Ulul Albaab

Advertisements

One comment on “Qurban untuk Mereka

  1. afwan, untuk para pengunjung tinggal kan jejak dengan komentar ya… (“,)v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: