Leave a comment

Kelas Hikmah


              Gambar

 

                Siang itu seorang guru pengganti masuk ke dalam kelas, mata pelajaran eksakta. Ketika masuk dihampirinya seorang siswi yang duduk di depan kemudian bertanya, “pelajaran kemarin sudah sampai mana?”. anak itu hanya menunjukan bukunya tanpa berbicara. Tidak puas dengan jawaban anak itu sang guru mencoba bertanya ke siswa lain dan di dapati jawabannya.

                Guru itu melanjutkan pembelajaran yang kemarin, kondisi kelas memang tidak begitu kondusif (maklum ketika itu pukul 13 mungkin siswa sudah letih) tetapi ada seorang anak yang begitu antusias. Ia siswi yang tidak menjawab pertanyaan guru tadi. Setelah penjelasan dipaparkan, guru itu meminta siswanya mengerjakan soal secara bergantian. Satu per satu siswa maju mengerjakan soal, di saat yang sama siswi tadi juga mengerjakannya di buku tulisnya dengan cepat.

                Sampai di suatu soal tidak ada seorang pun yang maju, akhirnya siswi tadi maju. Sebelum ia maju, guru itu kembali bertanya,” siapa namamu?”, lagi-lagi siswi itu diam. Ketika ia berada di depan, kondisi kelas menjadi germuruh. Sayup-sayup terdengar ee..aa..ee..aa.. seolah mengejek siswi yang ada di depan. Di saat itu guru tadi sadar, bahwa siswi tadi memiliki ‘kebutuhan khusus’, memang sekolah itu merupakan sekolah inklusi (sekolah yang menerima siswa berkebutuhan khusus :red).

                Ada hal yang berubah dari kondisi kelas setelah siswi tadi mengerjakan di depan kelas, ketika soal-soal selanjutnya diberikan entah mengapa siswa-siwa lain seolah tidak mau kalah dengan siswi tadi, semuanya mengerjakannya dengan antusias. Tidak terasa bel sekolah berbunyi dan pelajaran berakhir, siswi tadi mendekati ke guru di meja guru, seolah ingin mengatakan sesuatu dengan raut wajah gembira kemudian guru itu pergi meninggalkan kelas.

***

                Sahabat Muslim yang dicintai Allah, lagi-lagi kita disuguhkan episode penuh hikmah di keseharian kita. Kali ini kita bisa mengambil hikmah bahwa Allah memberikan kekurangan di satu hal tetapi juga Allah memberikan kelebihan di lain hal. Karena Allah sebaik-baik pencipta. Dalam surah at-tin ayat 4

“seseungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam  bentuk yang sebaik-baiknya.”

Siswi tadi memberikan hikmah tidak hanya bagi guru tadi, tetapi juga memberikan motivasi bagi teman-temannya di kelas. Jauh dari itu kita dapat mengambil hikmah sesuai dengan versi kita masing-masing.

 

Learning Center

Masjid Ulul Albaab

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: