1 Comment

Ramadhan Agustus


Gambar

Bulan ramadhan kali ini kian berkesan karena bersamaan dengan bulan agustus (bulan kemerdekaan), pun 17 agustus tahun ini berada masih di bulan ramadhan sehingga tidak boleh melupakan bahwa kemerdekan kita 17 agustus 1945 bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364H kala itu. Memaknai bulan ini sangat luar biasa bulan kemerdekan, bulan menuju kemenangan.

Pasti kita sering membaca beberapa kisah heroik yang terjadi di kedua bulan ini baik ketika zaman ketika Rasulullah masih hidup dengan kisah perang badar yang luar biasa 313 orang mampu mengalahkan ribuan pasukan kafir ketika itu, pun juga perang-perang lain yang juga dimenangkan di bulan ramadhan. Di bulan ini juga Indonesia melakukan puncak perjuangannya guna meraih kemerdekaan, ingat perjuangan kemerdekaan tidak lain dipelopori para ulama. Dan luar biasanya pekikan yang bergemuruh diatas hotel yamato ialah “AllahuAkbar!!!”, kalimat penggetar pasukan kafir ketika peperangan dan kalimat rasa syukur penuh penghayatan ketika malam takbiran.

Tertarik dengan angka-angka pada 17 agustus(bulan ke-8), surat ke-8 (al anfaal) ayat 17. “Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”. (TQS.al-anfaal:17)

Surat al-anfaal memang banyak bercerita tentang peperangan, yang menarik adalah penggunan kata “melempar”, saya memaknainya sama seperti model peperangan Indonesia ketika itu, yang hanya menggunakan bambu runcing, atau persenjataan sekadarnya yang dapat dilempar. Terlepas dari itu semua bahwa kemerdekaan yang kita dapat itu pasti atas kehendak Allah dan kita harus tetap menjaganya dengan bersyukur dan beramal yang terbaik.

Bulan ramadhan bulan agustus

Bulan kemerdekaan, bulan meraih kemenangan!

 

Laearning Center

Masjid Ulul Albaab

 

 

Advertisements

One comment on “Ramadhan Agustus

  1. Wah.. blog mua ini makin keren n update yah.. mantab! lanjutkan! 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: