Leave a comment

TIBAS, STW, dan JUMTIH


Setelah MUA direlokasi dari MUA yang lama ke MUA yang baru, sepertinya ada beberapa budaya MUA yang sudah mulai luntur, yaitu TIBAS, STW, dan JUMTIH.

Sebagai pengenalan, TIBAS (Tilawah Ba’da Shalat) adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk menyemarakkan masjid dengan bacaan-bacaan Qur’an. Dulu, ketika masih berada di MUA yang lama, gerakan TIBAS ini amatlah populer di kalangan civitas akademika UNJ kampus B, namun seiring dengan berpindahnya MUA ke tempat yang baru semakin berkurang rasanya kebudayaan yang indah ini.

STW (Shalat Tepat Waktu) adalah gerakan yang bertujuan untuk menyemarakkan masjid dengan shalat berjamaah di awal waktu. Khususnya pada waktu dzuhur dan ashar. Dengan dicanangkannya gerkan ini, dahulu terasa sekali MUA itu hidup dengan berbagai amalan-amalan berjamaahnya. Sekarang sepertinya gerakan ini sudah mulai luntur dengan adanya kantin. Sehingga ketika azan telah berkumandang, maka sedikit sekali yang melangkahkan kakinya untuk menuju masjid, tetapi banyak sekali yang melangkahkan kakinya untuk mengisi kebutuhan perutnya.

JumTih adalah gerakan untuk memutihkan hari Jum’at sebagai hari yang amat sangat sakral bagi umat muslim, karena pada hari itu diwajibkannya seluruh muslim laki-laki untuk melaksanakan shalat jum’at berjamah. Dengan menggunakan pakaian putih menyimbolkan bahwa hari Jum’at itu amat suci bagi umat muslim.

Dari semua yang telah kami paparkan mengenai TIBAS, STW, dan JUMTIH maka kami mencanangkan kembali TIBAS, STW, dan JUMTIH untuk menyambut mahasiswa baru. Kami harapkan dengan dicanangkannya kembali gerakan-gerakan tersebut Syiar Islam di Kampus B inikembali berjaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: